Di Posko Pengungsian Banjarnegara, Dompet Dhuafa Dirikan Pojok Higienis

Sejumlah relawan memanfaatkan Posko Higienis Dompet Dhuafa. (Foto: Dokumentasi Dompet Dhuafa)

BANJARNEGARA—Guna memberikan pelayanan higienis bagi para relawan yang telah melakukan aktivitas evakuasi korban longsor di Banjarnegara, Dompet Dhuafa mendirikan pojok higienis. Pojok ini menyediakan air bersih untuk keperluan cuci tangan para relawan.

“Dompet Dhuafa selain melakukan aktivitas evakuasi, tetapi juga peduli terhadap kesehatan relawan yang bertugas mencari korban,” ungkap tim komunikasi Dompet Dhuafa, Taufan, Senin (15/12) di Poskos Dompet Dhuafa di Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Tim Dompet Dhuafa bersama tim gabungan BASARNAS, BPBD, dan TNI hari ini berhasil menemukan 11 korban. Dengan begitu, total korban yang baru ditemukan mencapai 50 jiwa. Sekitar 50 jiwa masih dalam tahap pencarian.

Sejak kamis (11/12) malam, Dompet Dhuafa telah bergerak menuju lokasi kejadian menyusul tim pertama yang sudah lebih dahulu berangkat untuk penanggulangan bencana banjir. Saat ini, tim gabungan kemanusiaan Dompet Dhuafa yang terdiri dari tim evakuasi Disaster Management Centre (DMC), Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Purwokerto, Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) dan pula melibatkan cabang Dompet Dhuafa di Jawa Tengah bersama elemen relawan lainnya terus melakukan evakuasi untuk mencari korban yang tertimbun longsor di lapangan.

Adapun elemen relawan yang tergabung dalam respon di antaranya Persatuan Baitul Mal Wa Tanwil Indonesia, Mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadyah Purwokerto dan Pelayanan Kesehatan Ummat Gumeelar. (gie)